Kumpulan 10 Jenis Terbaru Belum Kamu Pahami

10 Jenis Alat Musik Tradisional, Cara Memainkan dan Asalnya

10 jenis alat musik tradisional – Dalam ulasan pada artikel sekarang, akan berbagi kembali tentang 10 jenis alat musik tradisional, cara memainkan dan asalnya.  Alat musik ini ialah sebuah instrumen yang diciptakan atau diperbaharui untuk destinasi menghasilkan musik.

10 Jenis Alat Musik Tradisional, Cara Memainkan dan Asalnya

Pada dasarnya segala sesuatu yang memproduksi suara dan dengan teknik tertentu yang ditata oleh seorang musisi bisa disebut sebagai perangkat musik. Alat musik dipisahkan menjadi dua yakni Alat musik menurut sumber bunyinya dan perangkat musik menurut teknik memainkannya.

10 Jenis Alat Musik Tradisional

Alat Musik dari Sumber Bunyinya

Aerofon ialah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari hembusan udara pada rongga.

Kardofon ialah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai.

Baca Juga : 10 Jenis Batik di Banyumas, Motif dan Penjelasannya

Elektrofon ialah alat musik yang sumber bunyinya dibangunkan oleh tenaga listrik (elektronik).

Idiofon Adalah suatu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari bahan dasar.

Membranofon ialah alat musik yang sumber bunnyinya dari selaput atau membran.

Alat Musik dari Cara Memainkannya

Alat musik Gesek bakal menghasilkan suara saat dawai digesek. Hampir sama dengan perangkat musik petik, tinggi rendahnya nada tergantung panjang dan pendeknya dawai.

Alat Musik Petik bakal menghasilkan suara pada ketika senar digetarkan melewati dipetik. Tinggi rendahnya sebuah nada akan didapatkan dari panjang pendeknya dawai.

Alat Musik Pukul bisa menghasilkan suara melulu pada ketika dipukul ataupun di tabuh. Alat musik ini juga dipecah menjadi dua yakni bernada dan tidak bernada. Bentuk dan bahan pada bagian-bagian instrumen serta format rongga getar, andai ada, bakal menilai suara yang didapatkan oleh instrumen tersebut. Contoh perangkat musik ini ialah kolintang (bernada), drum (tidak bernada), dan bongo (tidak bernada).

Alat Musik Tiup menghasilkan suara sebuah kolom udara yang didalamnya digetarkan oleh tiupan itu. Tinggi rendahnya nada pun ditentukan oleh frekuensi gelombang yang didapatkan oleh panjang kolom udara dan format instrumen, kontruksi instrumen dan teknik menghasilkannya. Contoh perangkat musik tiup ini ialah trompet dan suling
.
10 Jenis Alat Musik Tradisional

Berikut ialah jenis perangkat atau alat musik tradisional dan teknik memainkannya yang sering dipakai diantaranya :

1. Alat Musik Tradisional Serune Kalee (Serunai)
Serune Kalee adalahisntrumen tradisional Aceh yang sudah lama berkembang dan dihayati oleh masyarakat Aceh. Musik ini populer di wilayah Pidie, Aceh Utara, Aceh Besar dan Aceh Barat. Biasanya perangkat musik ini dimainkan bersamaan dengan Rapai dan Gendrang pada acara-acara hiburan, tarian, penyambutan tamu kehormatan.
Bahan dasar Serune Kalee ini berupa kayu, kuningan dan tembaga. Bentuk serupa seruling bambu. Warna dasarnya hitam yang faedah sebagai pemanis atau penghias musik tradisional Aceh.

2. Alat Musik Tradisional Rebana (Lombok)
Cara memainkan rebana dengan teknik dipukul.

3. Alat Musik Tradisional Djembe (Bali)
Djembe (baca JEM BE dengan E laksana ENAK), adalahalat musik perkusi asal Afrika Barat dan dipukul memakai tangan kosong (seperti conga). Djembe berukuran macam2, dari 5″ hingga 18″ (diameter kulitnya).

Bentuk djembe yang seperti cangkir membuat djembe mempunyai suara bas yang bulat. Pemain djembe yang kawakan bisa menciptakan bermacam2 nada (tinggi/rendah).

4. Alat Musik Tradisional Gordang
Gordang ialah alat musik tradisional yang berasal dari Sumatera Utara, Medan. Alat ini dimainkan dengan teknik dipukul.

5. Alat Musik Tradisional Kolintang (dari wilayah Minahasa/Sulewesi Utara)
Minimal mesti dimainkan 6 orang dengan faedah masing masing, misalnya: memegang gitar, melodi, ukelele, bas dan banjo. Cara memainkan kolintang dengan teknik dipukul.

6. Alat Musik Tradisional Gamelan Jawa (Jawa Tengah)
Cara memainkan Gamelan Jawa: melulu dengan teknik dipukul.

7. Alat Musik Tradisional Sasando
Sasando suatu alat musik tradisional asal pulau Timur, NTT. Sasando ialah alat musik berdawai yang memiliki keanehan dalam format dan suaranya. Salah satu jenis kekayaan bangsa yang mempunyai nilai seni tinggi. Asal tepat dari perangkat musik ini ialah dari suatu pulau mempunyai nama pulau Rote. Cara memainkannya dengan teknik dipetik.

8. Alat Musik Tradisional Angklung (Jawa Barat)
Cara memainkan angklung: dengan teknik diyoyang atau digetarkan sampai-sampai menghasilkan nada tertentu.

9. Alat Musik Tradisional Pick Gamelan Bali (Rindik)
Rindik ialah salah satu perangkat musik tradisional Bali. Yang tercipta dari bambu yang pada nadanya ialah menurut selendro. Alat musik ini dipergunakan pada upacara perkawinan dan acara peragaan yang dikenal dengan nama “joged Bumbung” Tarian joged bumbung ini seringkali di iringi oleh sepuluh atau dua puluh orang yang memainkan gamelan dan termasuk semua penabuhnya. Dan dapat juga di gunakan atau di mainkan di hotel-hotel guna menghibur semua tamu yang berangjangsana ke Bali.

10. Alat Musik Tradisional Kendang (Maluku)
Cara memainkan kendang dengan teknik dipukul.

Demikian tentang 10 jenis alat musik tradisional, semoga dapat bermanfaat, dan terimakasih sudah berkunjung, salam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Jenis Alat Musik Tradisional, Cara Memainkan dan Asalnya