Kumpulan 10 Jenis Terbaru Belum Kamu Pahami

10 Jenis Batik di Banyumas, Motif dan Penjelasannya

10 jenis batik di banyumas – Pada artikel saat ini akan berbagi informasi tentang 10 jenis batik di banyumas atau jenis motif di banyumas yang belum kamu ketahui. Batik Banyumasan tergolong dalam jenis batik terpencil Jawa. Batik terpencil lebih ingin menampilkan warna-warna kalem dan dalam, serta penuh dengan simbolisasi arti pada motifnya, di samping memuat keindahan gambar motifnya. Motif-motif batik banyumas tidak sedikit terpengaruh oleh Batik Solo dan Batik Jogja.

10 Jenis Batik di Banyumas, Motif dan Penjelasannya

Meskipun Batik Banyumas mempunyai karakteristik dan aksen dan corak eksklusif yang membedakannya dengan Batik Solo dan Jogja. Inovasi motif selalu dilaksanakan untuk menghadapi kompetisi dan menyesuaikan selera pasar. Batik Pringmas sebagai di antara produsen batik Banyumasan pun selalu mengerjakan inovasi motif batik baru guna semakin memperkaya khazanah Batik Banyumas. Salah satnya ialah Motif Jagatan Banyumasan.

10 Jenis Batik di Banyumas

Motif “Jagatan Banyumasan” adalahpenggabungan motif-motif batik yang secara turun yemirun berkembang di wilayah Kabupaten Banyumas yang tergolong dalam motif batik pedalaman. Dalam motif ini disajikan sekian banyak  macam motif baik yang mendapat pengaruh motif batik Solo dan Yogyakarta maupun motif pribumi dari Banyumas.

Baca Juga : 10 Jenis Alat Musik Tradisional, Cara Memainkan dan Asalnya

Didesain dengan pola “tambal” atau “buntalan” guna memisahkan setiap motif. Pola tambal mencerminkan gabungan, gotongr oyong, kesatuan dari rakyat yang bhineka (beraneka tagam). Pola tambal pun berisi dilosofi guna kesembuhan untuk si pemakai. Dalam urusan ini, kesembuhan yang dimaksud ialah agar bangsa ini bias segera melalui waktu sulit berkaitan dengan suasana akhir-akhir ini yang tidak jarang terjadi bencana dan gejolak sosial berhubungan dengan masa peralihan kepemimpinan Negara.

Motif Bunga Matahari yang memenuhi ruang antara motif satu dengan yang lain mencerminkan harapan akan masa mendatang yang terang nan gemilang atas si pemakai kain, masyarakat Banyumas dan Indonesia pada umumnya. Matahari pun menyimbolkan cahaya penerang yang berisi asa bahwa dalam menjalani kehidupan, anda sealu mendapat Cahaya terang tuntunan Illahi.

Warna latar hitam di samping member cirri khas batik Banyumasan, pun melambangkan kekuatan, kereguhan iman dan tekad. Warna cokelat yang mewakili warna tanah menggambarkan  kerakyatan, membumi. Bahwa seluruh do’a dan asa yang terdapat dalam motif ini diinginkan akan menyebar keberkahannya untuk tempat dan masyarakat dimana kain ini nanti digunakan.

Warna kunimg keemasan menggambarkan  harapan bakal masa emas, kesuksesan dan keagungan martabat dan perilaku si pemakai. Motif-motif yang diusung dalam desain ini diantaranya merupakan: Wahyu Temurun, Babon Angrem, Kawung, Ayam Puger, Pring Sedapur, Jaean, Lar, Sido Mukti, Sido Luhur, Truntum, Serayuan, dan Lumbon.

10 Jenis Batik di Banyumas

Berikut ialah beberapa motif batik di banyumas yang belum anda ketahui diantaranya :

1. Jenis Batik Motif Pring Sedapur
Menggambarkan persatuan, dan guna yang luas laksana yang dipunyai oleh tumbuhan bambu. Motif Jaean mencerminkan tanaman rempah yang biasa ditanam di pekarangan lokasi tinggal masyarakat Jawa. Motif Lar menggambarkan  kejayaan, keluhuran. Motif Sido Mukti meggambarkan asa dan cita-cita kesuksesan. Motif Sido Luhur menggambarkan  keluhuran budi keagungan dan derajat yang tinggi. Motif Truntum mencerminkan ketulusan cinta yang terus menerus dan asa setinggi bintang –bintang di langit.

2. Jenis Batik Motif Wahyu Temurun
Menggambarkan turunnya wahyu (petunjuk, amanat jabatan, anugerah) dari Illahi yang pasti disertai pun dengan tanggungjawab. Motif Babon Angrem memiliki makna perlindungan dan perhatian sarat dari seorang ibu dalam mengasuh dan mendidik anak-anaknya. Motif Kawung bermakna keluhuran, asa dan asal muasal pembuatan manusia. Motif Ayam Puger menggambarkan suasana social masyarakat Banyumas dengan lokasi tinggal tradisional “tikelan”, yang dikitari ayam jago dan domba sebagai fauna peliharaan yang lazim dipunyai oleh masyarakat.

3. Jenis Batik Motif Serayuan
Menggambarkan kekayaan alam yang melimpah, salahsatunya di Sungai Serayu yang di dalamnya terdapat tidak sedikit ikan dan fauna serta tanaman lainnya. Motif Lumbon, daunt alas yang adalahtanaman yang pun umum terdapat di pekarangan lokasi tinggal masyarakat Banyumas dan seringkali diolah menjadi masakan berupa “buntil”. Masakan ini ialah makanan yang merakyat yang bahannya tidak sedikit dengan gampang dijumpai di sekeliling lokasi tinggal di desa-desa. (Banyumas, 9 April 2014, Iin Susiningsih)

4. Jenis Batik Motif Babon Angrem
Batik ini dipakai pada ketika upacara tujuh bulanan pada ibu hamil, yang menggambarkan  kasih sayang dan kesabaran seorang ibu supaya sifat itu dapat menurun atau ditiru oleh anaknya kelak. Motif tersebut menggambarkan  bahwa seorang perempuan yang sedang berisi hendaknya mempunyai rasa kasih sayang dan kesabaran, supaya sifat itu dapat diwarisi oleh si anak kelak andai telah lahir. Sedangkan arti kultural dari batik ini ialah permohonan keturunan sebagai penyambung sejarah.

5. Jenis Batik Motif Kawung
Batik Kawung ialah motif batik yang bentuknya berupa bulatan serupa buah kawung yang diatur rapi secara geometris. Kadang, motif ini juga diartikan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat eksemplar mahkota bunga yang merekah. Lotus ialah bunga yang menggambarkan  umur panjang dan kesucian.

6. Jenis Batik Motif Ayam Puger
Motif ini memiliki simbol situasi sosial di banyumas,ayam jago,bangunan tikelan,gariis mencerminkan bangunan tradisional

7. Jenis Batik Motif Jahean
Jahe adalahtamanan apotik hidup dipakai sebagai bumbu masakan tertentu,bahan campuran,minuman atau permen

8. Jenis Batik Motif Lumbon
Adalah daun lumbu yang adalahbahan dasar makanan khas buntil,makanan ikaan gurame di kolam

9. Jenis Batik Motif Sido Mukti:
Motif ini seringkali dipakai guna acara pernikahan,mempunyai arti sida menjadi dan mukti mulia atau berarti menjadi mmulia,sukses berkarir dan bahagia menjalani kehidupan

10. Jenis Batik Motif Truntum
Menuntun diinginkan si pemakai (kedua orang tua memberi contoh untuk putra/putri dalam memasuuki kehidupan berumah tangga.

Baca Juga : 10 Jenis Hak Warga Negara dan Contoh Perwujudannya, Terlengkap

Demikian tentang 10 jenis batik di banyumas yang belum kamu ketahui, semoga dapat bermanfaat, dan terimakasih sudah berkunjung, salam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Jenis Batik di Banyumas, Motif dan Penjelasannya