10 jenis rem mobil dan motor dan penjelasannya – Pada kesempatan
ini akan berbagi tetang 10 jenis rem mobil maupun motor seperti rem tromol,
cakram, hidrolik dan lain sebagainya. Rem ialah suatu peranti guna memperlambat
atau menghentikan gerakan roda. Karena gerak roda menjadi lambat, secara
otomatis gerak kendaraan menjadi lambat.
Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak ini
seringkali diubah menjadi panas sebab gesekan. Pada rem regeneratif, beberapa
energi ini pun dapat dipulihkan dan ditabung dalam rodagila (flywheel),
kapasitor, atau diolah menjadi arus bolak balik oleh sebuah alternator,
selanjutnya dilalukan melewati suatu penyearah (rectifier) dan ditabung dalam
baterai untuk pemakaian lain.
10
Jenis Rem Mobil dan Motor
Tanpa rem, anda tak akan dapat berkendara dengan mobil
sebab akan terlampau berbahaya. Itu sebabnya pertumbuhan sistem rem menjadi
unsur integral dari peradaban teknologi otomotif. Saat ini, anda dengan
santainya tinggal memasuki rem bila berkeinginan memperlambat kendaraan.
Baca Juga : 10 Jenis Terumbu Karang di Indonesia, Penjelasan Lengkap
Baca Juga : 10 Jenis Terumbu Karang di Indonesia, Penjelasan Lengkap
Tak perlu fobia rem mengunci sebab sudah terdapat ABS,
tak perlu cemas blong menilik material remnya telah hebat. Cukup memasuki
dengan tenaga tidak banyak saja sebab ada sistem hidraulis yang menolong
kekuatan pengereman.Selain tersebut ada sederet fitur elektronik beda yang siap
menolong kerja rem supaya semakin efektif, dan bisa menghentikan kendaraan
secara aman.
Balik ke 120 tahun lalu, sistem rem begitu sederhana.
Sistem ini melulu berbentuk balok kayu yang melewati tuas ditempelkan ke roda
sehingga memunculkan gesekan guna memperlambat kendaraan. Sistem ini bahkan
lebih simpel daripada rem sepeda mini.
Tentu saja saat tersebut rem tadi dianggap lumayan karena
kecepatan kendaraan juga sedemikian rendahnya, bahkan lebih pelan daripada
seseorang yang berlari. Tapi seiring bertambahnya teknologi dan kecepatan, mau
enggan rem pun merasakan evolusi.
Baru pada 1902, atau selama 17 tahun sesudah mobil
bermesin kesatu dibuat, timbul keperluan akan rem yang lebih memadai. Louis
Renault dinamakan sebagai di antara pionir rem teromol. Rem model drum dengan
sepatu rem di dalamnya, menciptakan sistem pengereman ini paling efektif di
zamannya.
Masih di tahun sama, William Lanchester dari Inggris
mematenkan jenis rem baru yaitu cakram. Modelnya lebih simpel dan dapat
membuang panas lebih cepat. Sayangnya, konsep itubelum dapat diterima di
masanya. Bentuk rem terbuka menciptakan debu mudah mencemari sepatu rem,
apalagi ketika tersebut belum dibutuhkan rem yang dapat melepas panas secara
cepat. Alhasil, nyaris semua mobil di dunia memakai rem teromol.
Fungsi Rem Kaki
Dapat mengemban pengereman cocok kehendak sopir
Dapat menghentikan kendaraan secepat mungkin
Fungsi Rem Tangan
Untuk memacetkan putaran roda (misal pada ketika parkir )
Untuk meminimalisir kecepatan hingga menghentikan
jalannya kendaraan
Berfungsi pun sebagai rem cadangan (misal dalam
perjalanan rem kaki tidak bermanfaat )
10
Jenis Rem Mobil dan Motor
Berikut ialah sejumlah jenis-jenis rem dengan keterangan
diantaranya :
1. Rem Tangan
Rem tangah digunakan untuk menyangga kendaraan. Rem
tangan atau dinamakan remparkir ini, tidak difungsikan sebagai rem utama sebab
meski dapat prinsipnya sama laksana rem utama namun mekanisme rem parkir tidak
mempunyai pegas pengembali.
Rem ini dapat digiatkan melalui suatu tuas yang mempunyai
lock. Sehingga saat ditarik otomatis roda bakal terkunci. Selain menggunakan
tuas, terdapat pula rem parkir yang digiatkan melalui suatu tombol.
2. Rem Primer
Rem primer adalahsistem pengereman utama pada kendaraan
yang aktif mengawal keselamatan mobil. Dengan kata lain, rem utama ialah rem
yang bakal bekerja saat kita menginjal pedal rem guna memperlambat laju
kendaraan.
3. Rem Cakram
Rem cakram bekerja memakai prinsip jepitan. Dalam urusan
ini, piringan rem sebagai media yang digesek bakal mendapatkan jepitan dari
kampas rem yang tertaut dengan knucle. Rem cakram dikenal sebagai rem yang
responsif dan lebih kuat guna menghentikan laju kendaraan.
4. Rem Tromol
Rem tromol memakai dua buah kampas rem yang digesekan
pada suatu tromol rem. Tromol rem ini berbentuk laksana mangkuk dengan bahan
besi, pada dinding tromol berikut kampas rem bakal menekan. Arah desakan kampas
pada tipe ini mengarah keluar, sampai-sampai putaran tromol bakal terhenti
bilamana dinding tromol terpapar gaya gesek kampas.
5. Elektromagnetik
Bila pada sistem rem cakram dan teromol, energi kinetik
diolah menjadi energi panas, sistem elektromagnetik mengolah energi kinetik
menjadi listrik. Caranya dengan memanfaatkan putaran roda guna memutar dinamo
yang menghasilkan listrik. Hambatan dari medan magnet dinamo berikut yang pun
melambatkan kendaraan. seringkali sistem ini terdapat sebagai penyokong di
mobil listrik.
6. Rem Mekanis
Rem mekanis ialah pengontrol rem yang memanfaatkan kabel
kawat sebagai penghubung antara tuas rem dengan tuas cakram rem. Ini biasa anda
temui pada sistem rem tromol sepeda motor atau rem belakang motor.
7. Engine Braking
rem ini memanfaatkan gesekan mekanikal dan hambatan
desakan silinder guna memperlambat mobil ketika pedal gas dilepas. Mengingat
kecilnya efek pengereman ini, makanya faedah engine braking melulu sebatas
menolong kinerja sistem rem utama.
8. Rem Angin
rem angin pun sama laksana rem hidrolik melulu saja pada
rem angin tenaga pengereman tidak didapatkan dari pedal yang diinjak pengemudi
tetapi dari angin bertekanan. Sementara pedal rem hanya bermanfaat membuka
katup yang mengalirkan udara bertekanan dengan aktuator rem.
10. Rem Hidrolik
Rem hidrolik sudah menggunakan fluida sebagai distributor
tenaga. Prinsipnya memakai hukum pascal dimana saat tekanan yang dikenakan pada
zat cair bakal diteruskan kesegala arah dengan sama besar. fluida ini, tidak
sedikit dipakai sebab terbukti lebih efektif dan responsif sebab daya
pengereman bakal tersalurkan secara keseluruhan.
Baca Juga : 10 Jenis Tanaman Hias Cocor Bebek, Beserta Manfaatnya
Baca Juga : 10 Jenis Tanaman Hias Cocor Bebek, Beserta Manfaatnya
Demikian
tentang 10 jenis rem mobil dan motor dan penjelasannya, semoga dapat
bermanfaat, dan terimakasih sudah berkunjung, salam.