Kumpulan 10 Jenis Terbaru Belum Kamu Pahami

10 Jenis Rem Mobil dan Motor, Beserta Penjelasan Lengkap

10 jenis rem mobil dan motor dan penjelasannya – Pada kesempatan ini akan berbagi tetang 10 jenis rem mobil maupun motor seperti rem tromol, cakram, hidrolik dan lain sebagainya. Rem ialah suatu peranti guna memperlambat atau menghentikan gerakan roda. Karena gerak roda menjadi lambat, secara otomatis gerak kendaraan menjadi lambat.

10 Jenis Rem Mobil dan Motor, Beserta Penjelasan Lengkap

Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak ini seringkali diubah menjadi panas sebab gesekan. Pada rem regeneratif, beberapa energi ini pun dapat dipulihkan dan ditabung dalam rodagila (flywheel), kapasitor, atau diolah menjadi arus bolak balik oleh sebuah alternator, selanjutnya dilalukan melewati suatu penyearah (rectifier) dan ditabung dalam baterai untuk pemakaian lain.

10 Jenis Rem Mobil dan Motor

Tanpa rem, anda tak akan dapat berkendara dengan mobil sebab akan terlampau berbahaya. Itu sebabnya pertumbuhan sistem rem menjadi unsur integral dari peradaban teknologi otomotif. Saat ini, anda dengan santainya tinggal memasuki rem bila berkeinginan memperlambat kendaraan.

Baca Juga : 10 Jenis Terumbu Karang di Indonesia, Penjelasan Lengkap

Tak perlu fobia rem mengunci sebab sudah terdapat ABS, tak perlu cemas blong menilik material remnya telah hebat. Cukup memasuki dengan tenaga tidak banyak saja sebab ada sistem hidraulis yang menolong kekuatan pengereman.Selain tersebut ada sederet fitur elektronik beda yang siap menolong kerja rem supaya semakin efektif, dan bisa menghentikan kendaraan secara aman.

Balik ke 120 tahun lalu, sistem rem begitu sederhana. Sistem ini melulu berbentuk balok kayu yang melewati tuas ditempelkan ke roda sehingga memunculkan gesekan guna memperlambat kendaraan. Sistem ini bahkan lebih simpel daripada rem sepeda mini.
Tentu saja saat tersebut rem tadi dianggap lumayan karena kecepatan kendaraan juga sedemikian rendahnya, bahkan lebih pelan daripada seseorang yang berlari. Tapi seiring bertambahnya teknologi dan kecepatan, mau enggan rem pun merasakan evolusi.

Baru pada 1902, atau selama 17 tahun sesudah mobil bermesin kesatu dibuat, timbul keperluan akan rem yang lebih memadai. Louis Renault dinamakan sebagai di antara pionir rem teromol. Rem model drum dengan sepatu rem di dalamnya, menciptakan sistem pengereman ini paling efektif di zamannya.

Masih di tahun sama, William Lanchester dari Inggris mematenkan jenis rem baru yaitu cakram. Modelnya lebih simpel dan dapat membuang panas lebih cepat. Sayangnya, konsep itubelum dapat diterima di masanya. Bentuk rem terbuka menciptakan debu mudah mencemari sepatu rem, apalagi ketika tersebut belum dibutuhkan rem yang dapat melepas panas secara cepat. Alhasil, nyaris semua mobil di dunia memakai rem teromol.

Fungsi Rem Kaki
Dapat mengemban pengereman cocok kehendak sopir
Dapat menghentikan kendaraan secepat mungkin

Fungsi Rem Tangan
Untuk memacetkan putaran roda (misal pada ketika parkir )
Untuk meminimalisir kecepatan hingga menghentikan jalannya kendaraan
Berfungsi pun sebagai rem cadangan (misal dalam perjalanan rem kaki tidak bermanfaat )

10 Jenis Rem Mobil dan Motor
Berikut ialah sejumlah jenis-jenis rem dengan keterangan diantaranya :

1. Rem Tangan
Rem tangah digunakan untuk menyangga kendaraan. Rem tangan atau dinamakan remparkir ini, tidak difungsikan sebagai rem utama sebab meski dapat prinsipnya sama laksana rem utama namun mekanisme rem parkir tidak mempunyai pegas pengembali.
Rem ini dapat digiatkan melalui suatu tuas yang mempunyai lock. Sehingga saat ditarik otomatis roda bakal terkunci. Selain menggunakan tuas, terdapat pula rem parkir yang digiatkan melalui suatu tombol.

2. Rem Primer
Rem primer adalahsistem pengereman utama pada kendaraan yang aktif mengawal keselamatan mobil. Dengan kata lain, rem utama ialah rem yang bakal bekerja saat kita menginjal pedal rem guna memperlambat laju kendaraan.

3. Rem Cakram
Rem cakram bekerja memakai prinsip jepitan. Dalam urusan ini, piringan rem sebagai media yang digesek bakal mendapatkan jepitan dari kampas rem yang tertaut dengan knucle. Rem cakram dikenal sebagai rem yang responsif dan lebih kuat guna menghentikan laju kendaraan.

4. Rem Tromol
Rem tromol memakai dua buah kampas rem yang digesekan pada suatu tromol rem. Tromol rem ini berbentuk laksana mangkuk dengan bahan besi, pada dinding tromol berikut kampas rem bakal menekan. Arah desakan kampas pada tipe ini mengarah keluar, sampai-sampai putaran tromol bakal terhenti bilamana dinding tromol terpapar gaya gesek kampas.

5. Elektromagnetik
Bila pada sistem rem cakram dan teromol, energi kinetik diolah menjadi energi panas, sistem elektromagnetik mengolah energi kinetik menjadi listrik. Caranya dengan memanfaatkan putaran roda guna memutar dinamo yang menghasilkan listrik. Hambatan dari medan magnet dinamo berikut yang pun melambatkan kendaraan. seringkali sistem ini terdapat sebagai penyokong di mobil listrik.

6. Rem Mekanis
Rem mekanis ialah pengontrol rem yang memanfaatkan kabel kawat sebagai penghubung antara tuas rem dengan tuas cakram rem. Ini biasa anda temui pada sistem rem tromol sepeda motor atau rem belakang motor.

7. Engine Braking
rem ini memanfaatkan gesekan mekanikal dan hambatan desakan silinder guna memperlambat mobil ketika pedal gas dilepas. Mengingat kecilnya efek pengereman ini, makanya faedah engine braking melulu sebatas menolong kinerja sistem rem utama.

8. Rem Angin
rem angin pun sama laksana rem hidrolik melulu saja pada rem angin tenaga pengereman tidak didapatkan dari pedal yang diinjak pengemudi tetapi dari angin bertekanan. Sementara pedal rem hanya bermanfaat membuka katup yang mengalirkan udara bertekanan dengan aktuator rem.

10. Rem Hidrolik
Rem hidrolik sudah menggunakan fluida sebagai distributor tenaga. Prinsipnya memakai hukum pascal dimana saat tekanan yang dikenakan pada zat cair bakal diteruskan kesegala arah dengan sama besar. fluida ini, tidak sedikit dipakai sebab terbukti lebih efektif dan responsif sebab daya pengereman bakal tersalurkan secara keseluruhan.

Baca Juga : 10 Jenis Tanaman Hias Cocor Bebek, Beserta Manfaatnya

Demikian tentang 10 jenis rem mobil dan motor dan penjelasannya, semoga dapat bermanfaat, dan terimakasih sudah berkunjung, salam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Jenis Rem Mobil dan Motor, Beserta Penjelasan Lengkap