Kumpulan 10 Jenis Terbaru Belum Kamu Pahami

10 Jenis Tanaman Hias Cocor Bebek, Beserta Manfaatnya

10 jenis tanaman hias cocor bebek – Dalam pembahasan saat ini akan berbagi informasi kembali tentang 10 jenis tanaman hias cocor bebek dan manfaat bagi manusia. Cocor bebek ialah tanaman obat yang tumbuh secara luas dan dipakai dalam penyembuhan tradisional di Afrika, Amerika, India, China dan Australia. Tanaman ini diklasifikasikan sebagai gulma. Sejumlah spesies dibudidayakan sebagai tumbuhan hias dan tanaman lokasi tinggal tropis yang paling populer.

10 Jenis Tanaman Hias Cocor Bebek, Beserta Manfaatnya

Tanaman tumbuh di semua tempat yang panas dan lembab. Cocor bebek adalahtanaman sukulen yang tumbuh dengan elevasi 1-1,5 m dengan batang yang berlubang dan bercabang. Daun berwarna hijau gelap berdaging dengan gerigi khas pada tepinya. Daun dilengkapi dengan perakaran tunas vegetatif.

10 Jenis Tanaman Hias Cocor Bebek

Cocor bebek populer dipakai sebagai tumbuhan hias di lokasi tinggal tetapi tidak sedikit pula yang tumbuh binal di kebun-kebun dan pinggir parit yang tanahnya tidak sedikit berbatu. Cocor bebek mempunyai batang yang empuk dan beruas. Daunnya tebal berdaging dan berisi tidak sedikit air. Warna daun hijau muda (kadang kadang abu-abu). Bunga majemuk, buah kotak. Bila dimakan cocor bebek rasanya agak asam dan dingin.

Baca Juga : 10 Jenis Rem Mobil dan Motor, Beserta Penjelasan Lengkap

Cocor bebek menjadi tumbuhan yang umum di wilayah beriklim tropika laksana Asia, Australia, Selandia Baru, India Barat, Makaronesia, Maskarenes, Galapagos, Melanesia, Polinesia, and Hawaii. Di tidak sedikit daerah tersebut, laksana di Hawaii, tumbuhan ini dirasakan sebagai spesies yang invasif. Alasan utama penyebarannya yang besar ialah karena kepopuleran tumbuhan ini sebagai tumbuhan hias.

Cara menanammya sangat gampang yaitu dengan memungut Daunnya lantas di tanam dan tidak jarang di siram. Kandungan: asam lemon, asam apel, -vitamin C, glukoside, tanin, bryophyllin A

Selama ini tumbuhan sosor bebek lebih sering dipakai sebagai penghias halaman rumah. Namun, tumbuhan yang berasal dari Madagaskar ini ternyata pun berkhasiat obat. Ia dapat digunakan sebagai obat, baik obat luar maupun dalam. Cocor bebek berisi asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat, dan tanin.

Cocor bebek dipakai sebagai obat tradisional guna menyembuhkan sakit kepala, batuk, sakit dada, borok, dan penyakit kulit lainnya, menyembuhkan demam, memperlancar haid yang tidak teratur, obat luka, serta bisul. Namun, tak tidak banyak pula ramuan yang memakai seluruh tumbuhan sosor bebek. Hingga ketika ini belum diberitakan dampak dari efek samping pemakaian sosor bebek.

Meski begitu, sejumlah literatur menganjurkan untuk tidak memakai ramuan itu pada orang yang memiliki gangguan terhadap faedah pencernaan. Adapun pada sejumlah orang dengan kulit sensitif, pemakaian ramuan langsung pada kulit dapat berdampak gatal atau memunculkan lepuhan.

10 Jenis Tanaman Hias Cocor Bebek

Berikut ini ialah jenis tumbuhan hias sesuai bebek yang sangat umum di jumpai diantaranya :
1. Kalanchoe Delagoensis
2. Kalanchoe Pinnata
3. Kalanchoe Tomentosa
4. Kalanchoe Blossfeldiana
5. Bryophyllum Pinnatum
6. Kalanchoe Thyrsiflora

Dalam penyembuhan tradisional cocor bebek dipakai untuk mengobati infeksi, peradangan, hipertensi, batu ginjal, dan rematik. Jadi bikin kawan-kawan tidak boleh sepelekan atau memandang remeh sebuah tanaman, karena tidak sedikit manfaat dalam tumbuhan yang kadang-kadang anda anggap tidak terdapat manfaatnya. Karena barangkali di masing-masing tanaman yang lain terdapat manfaat bertolak belakang yang bermanfaat juga guna kita.

Baca Juga : 10 Jenis Tumbuhan Beserta Manfaat Bagi Manusia

Manfaat Daun Cocor Bebek untuk Kesehatan

1.Daun dan kulit kayu yang pahit bermanfaat dalam mengobati diare dan muntah.
2. Apabila di konsumsi, daun tumbuhan ini berisi terasa asam namun manis dalam efek pasca pencernaan dan mempunyai potensi memunculkan panas pada tubuh. Hal ini pun diketahui guna menjaga ekuilibrium cairan tubuh dan pengobatan luka.
3. Dalam penyembuhan tradisional, daun tumbuhan ini telah dipakai untuk antimikroba, antijamur, anti peradangan, analgesik, anti-hipertensi dan kegiatan anti-alergi.
4. Dengan meminum air rebusan daun cocor bebek dapat meminimalisir semua jenis penyakit dan peradangan laksana infeksi bakteri, virus dan jamur, sakit telinga, infeksi drainase pernapasan atas, sakit maag, flu dan demam.
5. Manfaat lainnya ialah dengan membaur jus daun dengan minyak kelapa dan lantas mengoleskannya pada dahi guna migrain dan sakit kepala. Cairan ini pun dapat dioleskan guna bisul dan borok kulit.
6. Sebuah penelitian memakai daun cocor bebek yang dipanggang guna mengobati kanker, radang dan demam.
7. Jus akar juga dipakai untuk mengobati epilepsi. Suku-suku beda di Amazon memeras jus dari daun segar dan mencampurnya dengan susu ibu guna sakit telinga.
8. Di Peru, -suku-suku asli membaur daun dengan tebu dan menjadikannya sebagai obat sakit kepala. Mereka pun merendam daun dan batang semalam dalam air dingin dan lantas meminumnya guna sakit maag, gangguan drainase kencing, demam dan gangguan pernapasan.
9. Daun dari tumbuhan ini mempunyai khasiat penyembuhan yang paling besar dan dipakai baik internal maupun eksternal. Daun memiliki sekian banyak  karakteristik yang bermanfaat dalam situasi luka, wasir, evolusi warna kulit, bisul, borok, mata, luka bakar, diare, disentri, sakit kepala, muntah, radang akut dan bronkhitis.
Hal ini juga dipakai untuk batu ginjal, ulkus lambung, gangguan kulit dan pembengkakan jaringan kaki. Secara eksternal, hancuran dari daun atau jus daun dioleskan pada luka guna menghentikan pendarahan dan menambah penyembuhan luka. Secara internal, jus daun dan biji jintan diberikan bareng untuk mengobati disentri.
10. Di Meksiko dan Nikaragua juga dipakai untuk melancarkan menstruasi dan menolong dalam melahirkan. Di Nigeria dan negara-negara Afrika Barat lainnya, daun cocor bebek sering dipakai sebagai obat herbal untuk sekian banyak  gangguan kesehatan, tergolong hipertensi, diabetes mellitus, memar, luka, bisul, gigitan serangga, artritis, rematik, nyeri sendi, sakit kepala dan nyeri tubuh.

Demikian tentang 10 jenis tanaman hias cocor bebek dan manfaatnya, semoga dapat bermanfaat, dan terimakasih sudah berkunjung, salam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Jenis Tanaman Hias Cocor Bebek, Beserta Manfaatnya