Kumpulan 10 Jenis Terbaru Belum Kamu Pahami

10 Jenis Ikan Hias dan Ciri Morfologinya, Penjelasan Lengkap

10 jenis ikan hias dan ciri morfologinya -  Pada ulasan berikut ini akan berbagi kembali informasi tentang 10 jenis Jenis ikan hias  air tawar dan air laut beserta ciri morfologinya. Jenis ikan hias familiar sebagai komoditas budidaya yang potensial guna bisnis ekspor. Fenomena pasar bebas semakin menggairahkan pasar Jenis ikan hias internasional. Peluang ini mesti dimanfaatkan oleh Indonesia.

10 Jenis Ikan Hias dan Ciri Morfologinya, Penjelasan Lengkap

Dalam mengembangkan usaha Jenis ikan hias termasuk mudah, seluruh orang bisa melakukannya dari dari anak-anak hingga orang yang telah tua. Jika anda serius menekuni usaha ini sebenarnya saya dan anda bisa memperoleh hasil yang paling besar. Bagi pemasarannyapun termasuk mudah, dari kalangan menengah ke bawah hingga menengah ke atas.

10 Jenis Ikan Hias dan Ciri Morfologinya

Terdapat dua macam jenis ikan yaitu, ikan air tawar dan ikan air laut. Tetapi banyak sekali para pebisnis ikan lebih tidak sedikit memilih ikan air tawar sebagai usahanya. Karena pada dasarnya Jenis ikan hias air tawar ini lebih mudah dikomparasikan dengan yang di air laut.
Ada sejumlah jenis Jenis ikan hias air tawar laksana pada artikel sebelumnya | ikan mas koki populer. Dan misal Jenis ikan hias air tawar yang lain yakni Ikan oskar, ikan louhan, ikan cupang, ikan koi, ikan arwana, dan masih tidak sedikit lagi jenis-jenis Jenis ikan hias air tawar.

Baca Juga : 10 Jenis Kata, Dalam Bahasa Indonesia Beserta Contohnya

Sifat Bisnis Jenis ikan hias yang Fleksibel dan Menguntungkan

Sifat bisnis Jenis ikan hias sangat luwes dimana dapat dilakukan sebagai kegiatan sambilan, dapat pula dilaksanakan sebagai kegiatan utama. Tak jarang sejumlah petani yang semula menekuni budi daya ikan konsumsi laksana ikan lele, ikan nila, gurame dan beda sebagainya berpindah menekuni budidaya Jenis ikan hias . Semua itu dilaksanakan karena potensi hemat budidaya Jenis ikan hias lebih menggiurkan dikomparasikan dengan ikan konsumsi.

Ikan konsumsi dihargai dengan sistem kiloan, Jenis ikan hias dihargai dengan sistem per ekor. Hasil budidaya Jenis ikan hias lebih menekankan kualitas sehingga dapat dilakukan di lahan sempit dan dapat dilakukan sebagai usaha sampingan. Jika tidak memiliki empang yang luas, budidaya Jenis ikan hias dapat dilakukan di dalam akuarium atau bak semen yang lumayan kecil. Jika lahan yang tersedia lumayan kecil, anda harus lebih selektif dalam merawat Jenis ikan hias.

Ikan-Jenis ikan hias yang dipelihara lumayan yang berbobot | berbobot | berkualitas bagus sementara yang berbobot | berbobot | berkualitas kurang bagus mesti segera diafkir sebab memakan tempat. Karena suka terkadang peminat Jenis ikan hias mau mengeluarkan uang sampai jutaan rupiah guna mempunyai seekor Jenis ikan hias yang diidam-idamkannya. Hal berikut yang terkadang menciptakan harga Jenis ikan hias melambung tinggi.

Faktor keindahan Jenis ikan hias pun turut andil dalam menilai harga. Secara umum Jenis ikan hias yang mempunyai bentuk, warna, corak yang estetis akan berharga lumayan mahal. Di sinilah letak kunci keberhasilan budidaya Jenis ikan hias , menghasilkan ikan-ikan yang estetis dan berbobot | berbobot | berkualitas bagus.

Sampai ketika ini Jenis ikan hias air tawar adalahsalah satu jenis komoditas ekspor nonmigas bidang perikanan yang dapat menyumbang devisa negara yang lumayan besar. Dengan kekayaan Jenis ikan hias yang berlimpah maka kesempatan Indonesia sebagai pengekspor komoditas ini paling terbuka lebar.

Sehingga Budidaya Jenis ikan hias pantas digencarkan di masyarakat. Usaha budidaya Jenis ikan hias adalahsalah satu usaha yang memberikan pilihan sumber pendapatan untuk menambah pendapatan petani/pengusaha Jenis ikan hias . Usaha budidaya Jenis ikan hias lumayan prospek dikembangkan. Hal ini diakibatkan dalam budidaya Jenis ikan hias mempunyai keunggulan-keunggulan inilah ini :

1. Budi daya Jenis ikan hias Dapat dicoba skala lokasi tinggal tangga/ usaha kecil, tidak memerlukan lahan yang luas
2. Teknologinya gampang diserap dan diterapkan, sebab teknologi yang digunakan lumayan sederhana
3. Pasar yang menjanjikan, baik dalam negeri maupun ekspor.
4. Perputaran modal cepat, bisa dipanen dalam jangka masa-masa yang singkat. Budi daya Jenis ikan hias dapat Menyerap tenaga kerja.

Pangsa Pasar Jenis ikan hias yang Sangat Luas

Usaha Jenis ikan hias memiliki sejumlah keunggulan komparatif diantaranya tidak membutuhkan modal yang banyak. Pasar Jenis ikan hias tidak pernah bosan dan usaha ini bisa memberdayakan masyarakat melewati industri kecil guna ekspor. Negara penerima ekspor jenis air tawar dan laut Indonesia ialah Singapura, China, Hongkong, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, Amerika, dan Uni Eropa.

Sementara itu, Direktur Pedagangan Luar Negeri DKP, Saut P Hutagalung, menuliskan bahwa penurunan ekspor Jenis ikan hias memang terjadi masing-masing tahunnya, Untuk tersebut pengalihan negara destinasi ekspor ke Timur Tengah pun dijajaki supaya ekspor Jenis ikan hias dapat bertambah lagi. Bagi 2011, Eropa menjadi target pasar berikutnya.
Potensi Ekspor Jenis ikan hias Indonesia yang Besar

Potensi ekspor Jenis ikan hias Indonesia, baik air tawar maupun air laut, lumayan besar. Hampir seluruh negara menyenangi produk Jenis ikan hias dari Indonesia. Fadel menuliskan sejatinya potensi ekspor Jenis ikan hias Indonesia dapat mencapai US$ 64 juta. Jika angka tersebut tercapai maka Indonesia bakal menandingi Singapura. Potensi ini bilamana ditangani serius antara pemerintah dan semua stakeholder Jenis ikan hias Indonesia, maka Indonesia akan dapat berbicara tidak sedikit di pasar internasional dan menjadi eksportir terbesar di dunia mengalahkan Singapura.

10 Jenis Ikan Hias dan Ciri Morfologinya

Berikut ada 10 jenis ikan hias dan ciri morfologinya diantaranya :

1. Ikan Cupang (Betta SP)
Jenis ikan hias cupang ialah ikan air tawar yang gampang kita jumpai di sejumlah negara Asia Tenggara laksana : Indonesia, Vietnam, Malaysia,dan Thailand. Ikan ini memiliki format dan karakter yang menarik dan ingin agresif dalam menjaga wilayahnya.

Ciri-ciri ikan cupang :
Struktur tulang sirip dan ekor menunjukkan ciri khas yang khas
Bentuk siri dan ekornya menjumbai panjang
Memiliki Varian warna yang unik dan atraktif
Warna tubuhnya cerah alias tidak kusam

2. Ikan Koi (Cyprinus Carpio)
Jenis ikan hias koi ialah ikan yang berasal dari bahasa jepang yang mempunyai makna Karper. Di jepang sendiri ikan koi menjadi semacam emblem atau simbol cinta dan persahabatan. Hal ini sebab ikan koi adalahhomofon guna kata beda yang bermakna cinta atau kasih sayang.

Ciri ciri ikan koi :
Memiliki dua sungut di sekitar mulutnya
Ukuran tubuh yang relatif besar
Kebanyakan ikan koi mempunyai bercak yang membuatnya lebih indah
Memiliki tidak sedikit varian warna Merah, kuning, putih

3. Ikan Arwana (Scleropages Formosus)
Jenis ikan hias arwana ialah jenis ikan air tawar yang dapat anda jumpai di Asia Tenggara. Arwana asia pun disebut dengan ikan nagA sebab sering dihubung-hubungkan dengan naga dari mitologi tionghoa.

Ciri-ciri ikan arwana :
Sirip dubur terletak dibagian belakang badan
Memiliki badan panjang
Warnanya berfariasi terdapat yang : putih, ke perak-perakan, semi merah.
Mempunyai dua sungut yang sedang di bawah bibir

4. Ikan Louhan (Amphilopus Trimaculatus)
Jenis ikan hias louhan ialah jenis Jenis ikan hias familiar yang tidak sedikit di pelihara di aquarium maupun di kolam, sebab warna sisiknya yang estetis dan benjolan kepala yang khas berjuluk “Benjol kelam”.

Ciri ciri ikan louhan :
Memiliki benjolan pada kepala
Mata tidak banyak menonjol
Bentuk tubuh bulat telur memanjang
Memiliki varian warna yang banyak

5. Ikan Guppy (Poecilia Reticuluta)
Jenis ikan hias gupy ialah salah satu jenis Jenis ikan hias air tawar aquarium yang sangat populer di dunia. Ikan ini gampang beradaptasi dengan lingkungan, dan tidak sedikit daerah di indonesia.

Ciri-ciri ikan gupy :
Warnanya bervariasi laksana : merah, kekuningan, kebiruan dan silver
Ukuran ikan ini beberapa besar kecil, jenis betina lebih banyak dari pada jantan
Ekornya yang berbecak kehitaman yang indah
Umumnya mempunyai panjang total 2-7 cm.

6. Ikan Discus (Symphysodon SPP)
Jenis ikan hias discus ialah satu dari tiga spesies ikan air tawar chichlid yang berasal dari lembah sugai Amazon.

Ciri-ciri ikan discus secara umum ialah :
Pola waran di sepanjang tubuhnya yakni garis-garis pendek dengan garis warna yang berbeda-beda cocok dendan jenis ikan discus
Bentuk badannya pipih dan meyerupai lingkaran bila disaksikan dari samping

7. Ikan Sapu-Sapu (Pterygoplichthys SP)
Jenis ikan hias sapu-sapu ialah jenis ikan air tawar yang berasal dari amerika tropis. Termasuk dalanm keluarga Loricariidae.

Ciri -ciri ikan sapu-sapu :
Mulut di posisi bawah yang membuatnya tidak jarang menempel pada bidang
Ikan sapu-sapu ukurannya dapat mencapai 32 cm
Mempunyai bercak-bercak hitam pada tubuhnya
Warna dari unsur kepala sampai bagin ekor abu-abu gelap sementara pada bagia perut keperakan

8. Ikan Pelangi (Glossolepis Incisus)
Jenis ikan hias pelangi ialah jenis ikan yang hidup endemik di telaga Sentani papua. Ikan ini telah di tidak sedikit di kenal di wilayah Eropa guna di jadikan Jenis ikan hias baik di aquarium ataupun di kolam

Ciri ciri ikan bianglala :
Bersisik
Ukurannya cukup kecil
Panjang ikan maksimal menjangkau 16 cm
Memiliki tidak sedikit farian warna

9. Ikan Sili (Macrognatus Armatus)
Jenis ikan hias sili ialah Jenis ikan hias yang lumayan populer di negeri paman Sam.

Ciri ciri ikan sili :
Bentuk pipih memanjang
Bentuk badan panjang laksana belut
Bentuk mulut lancip

10. Ikan Sumatra (Puntius Tetrazona)
Jenis ikan hias sumatera ialah jenis ikan kecil yang beranggotakan suku Cyprinidae. Ikan ini tidak sedikit dperdagangkan sebagai Jenis ikan hias .

Ciri ciri ikan sumatera :
Panjang total dari kepala sampai ekor sampai 71 mm
Ukuran tubuh kecil
Gurat sisi tak sempurna, 22-27 buah dengan melulu 8-9 sisik
Tubuh berwarna kekuningan dengan empat pita tegak berwarna gelap
Batang ekor dikelilingi 12 sisik 

Baca Juga : 10 Jenis Manusia Purba di Indonesia, beserta Penjelasannya

Demikian tentang 10 jenis Jenis ikan hias  dan cirimorfologinya, semoga dapat bermanfaat, dan terimakasih sudah berkunjung, salam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Jenis Ikan Hias dan Ciri Morfologinya, Penjelasan Lengkap